Uncategorized

Contoh Latar Belakang Skripsi Yang Baik dan Benar

Contoh Latar Belakang Skripsi Yang Baik dan Benar

Contoh latar belakang skripsi banyak dicari para mahasiswa yang sedang dalam pembuatan tugas akhir atau skripsinya. Dalam pembuatan latar belakang anda harus bisa menentukan rumusan masalahnya terlebih dahulu karena dengan anda meneliti harus lah ada masalahnya dulu. Jadi sebaiknya anda bisa temukan masalahnya dulu barulah anda buat latar belakangnya.

Dalam menyusun latar belakang masalah penelitian ada beberapa yang anda harus perhatikan anatar lain :

  • Jadilah seperti “mata-mata” : untuk anda dapat menemukan masalah, anda harus bisa seolah-olah menjadi mata-mata yang ingin anda cari tahu yang menurut anda itu adalah masalah. Anda akan mendapatkan masalah dengan anda mencarinya dari lingkungan sekitar anda. Seperti isu sosial, budaya, pendidikan, keamanan, politik dan sebagainya.
  • Fakta masalah : dalam menyusun latar belakang masalah, sebaiknya anda memikirkan fakta masalahnya terlebih dahulu yang akan menjadi fokus masalah. Dengan adanya kesenjangan antara suatu yang diharapkan dengan suatu kenyataan itu lah masalah sebenarnya.
  • Temukan fokus masalah : setelah anda menjadi mata-mata, Anda bisa melakukan analisis permulaan dari hal yang sudah anda perhatikan dan anda pertimbangkan. Untuk anda dapat menyimpulkan fokus masalah tersebut. Sebaiknya fokus masalah yang anda tentukan adalah masalah yang paling unik, harus dikedepankan untuk dibahas atau memang isu yang benar-benar terjadi.
  • Jelaskan masalahnya : dalam penyusunan latar belakang anda bisa menyusunnya dari hal yang umum terlebih dahulu kemudian hal yang khusus.

Jadi tips dan trik untuk anda dapat membuat latar belakang skripsi anda bisa melihat contoh latar belakang dan langkah-langkah yang disebutkan di atas. Jadi inti dari semua itu hal yang paling penting yang perlu anda ketahui adalah anda harus mengetahui masalah yang ada pada sekitar anda. Anda tidak bisa menulis sebuah karya ilmiah jika anda tidak mengetahui permasalahannya terlebih dahulu. Untuk hal tersebut usahakan anda banyak bertanya dan membaca buku sebagai referensi anda dalam membuat karya ilmiah.